Ini Cara Diet Keto yang Tepat Bagi Pemula


Diet Keto adalah metode diet baru yang dikembangkan berdasarkan jenis diet lain yakni Ketogenik. Apa itu diet Keto? Diet ini merupakan metode diet yang dilakukan dengan cara menerapkan pola makan yang rendah akan karbohidrat serta tinggi lemak. 

Dengan mengkonsumsi lemak yang tinggi, bertujuan agar tubuh mencapai kondisi ketosis. Nah, dalam kondisi ini tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi utama. Lemak juga akan diubah menjadi keton pada hati, sehingga memberi suplai energi untuk otak.

Diet ketofastosis sendiri merupakan metode diet gabungan antara diet ketogenik dan diet fastosis. Bila diet ketogenik menerapkan diet dengan pola makanan rendah karbohidrat dan tinggi lemak serta protein sedang. Sedangkan diet fastosis adalah fasting on ketosis yang artinya puasa disaat kamu mengalami fase ketosis. Lamanya puasa berkisar 6- 12 jam lebih.

Diet Keto kini sangatlah viral, karena banyak menyebutkan dalam testimony bahwa metode diet ini mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Namun bagi anda yang pemula perlu diketahui, metode ini tergolong controversial karena cukup ekstrim. Maka dari itu, bila dilakukan tidak dengan tepat mungkin saja bisa membahayakan kesehatan.

Baca Juga :
Namun tenang, disini saya akan memaparkan sejumlah persiapan yang perlu anda siapkan sebagai pemula sebelum melakukan diet keto ini.

1. Cek Kesehatan
 
Sebelum melaksanakan diet ini, yang terpenting yang harus anda siapkan adalah mengecek kesehatan terlebih dahulu.  Diet Keto dikenal sebagai diet yang cukup ekstrim sehingga dianjurkan anda untuk berkonsultasi dengan dokter. Terutama bagi anda yang pernah memiliki penyakit kronis apapun. 

Selain itu, meski sepele mental juga perlu anda siapkan. Karena anda nanti akan banyak mendapat pertanyaa dari keluarga, kerabat dan teman mengenai pola makan anda ini. Selain itu, mantapkan niat anda untuk tidak tergoda dengan makanan yang dilarang.

2. Atur Jam Makan
 
Selama anda melakukan diet keto ini. Anda diwajibkan untuk mengatur jam makan. Hentikan kebiasaan makan di atas pukul 20.00 WIB. Setelah makan malam, anda baru diperbolehkan makan kembali pada pukul 12.00 WIB, esok siangnya. Memang berat, namun ini akan dialami di awal-awal saja saat melaksanakan diet ini. Anggap saja anda sedang berpuasa, namun anda tetap diperbolehkan minum.

Bahkan dalam penerapan diet ini, anda juga harus menahan makan selama beberapa jam hingga beberapa hari ke depan. 

3.  Buat List Makanan 

Buatlah daftar list makanan apa saja yang boleh dan apa yang tidak boleh selama melakukan diet ini. Dalam fase induksi ini, usahakan asupan yang masuk dalan tubuh besar asupan karbohidrat sebanyak 20 gram saja. Untuk asupan lemak, asal porsinya lebih banyak. Lemak harus murni dari hewani, bukan olahan seperti sosis, nugget, dan bakso.

Makanan kaya lemak yang dianjurkan dalam diet keto yaitu:
  • Ikan tuna, salmon, makarel.
  • Kacang dan biji-bijian, seperti almond, wijen, chia dan biji labu
  • Minyak zaitun, minyak alpukat atau minyak kelapa
  • Telur, terutama yang mengandung omega 3.
  • Daging, ayam, kalkun, sosis, steak dan produk daging lain.
  • Sayur hijau, tomat, bawang, cabai dan sayur lain yang rendah karbohidrat
  • Krim, mentega dan keju.
  • Garam, merica dan berbagai rempah alami.
  • Alpukat, baik dikonsumsi langsung maupun dalam bentuk masakan.

Jenis karbohidrat yang dihindari termasuk:

  •  Makanan atau minuman manis, seperti permen, es krim, cake, jus buah dan soda
  • Umbi-umbian, seperti ubi, kentang, wortel
  • Nasi, pasta, sereal dan produk gandum.
  • Minuman mengandung alkohol.
  • Kacang dan biji-bijian.
  • Lemak tidak sehat dari minyak sayur atau mayonaise.

4. Konsumsi VCO dan IH
 
Setelah anda mulai berangsur melaksanakan pola makan, anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi Virgin Coconut Oil (VCO) dan Immunator Hone untuk memperkuat daya tahan tubuh selama mengadaptasikan tubuh pada pola makan diet keto. VCO diminum 4 - 6 kali sehari dengan takaran 2 sendok makan. Sedangkan IH diminum 4 – 6 kali sehari sebanyak setengah sendok teh.

Diet keto dianjurkan untuk dilakukan dalam jangka pendek (mulai dari 2-3 minggu, hingga batas maksimal 6-12 bulan) sebatas untuk mengurangi lemak tubuh dan memperbaiki kesehatan, untuk selanjutnya diikuti dengan pola hidup sehat. Hal tersebut adalah demi menghindari risiko gangguan kesehatan yang mungkin terjadi jika diet keto dilakukan dalam jangka panjang.

Baca Juga :
Setelah berat badan menurun, gula darah normal, dan badan mulai terlihat proporsional masa ini berarti anda telah naik level ke fase konsolidasi. Di fase ini perbanyaklah konsumsi sayur dan buah-buahan. Namun anda dianjurkan cermat memilih buah yang tidak memiliki karbohidrat tinggi.

5. Aturlah Rencana 

Di fase terakhir ini, anda wajib mengatur rencana setelah melewati sejumlah fase tersebut. Mungkin anda bosan, dan berfikir akan mengakhiri pola diet anda. Tapi ingat, jika anda mundur berarti anda akan kembali gemuk. Sehingga aturlah rencana agar tubuh yang anda peroleh setelah melaksanakan diet keto, tetap terjaga dan tidak kembali gemuk. Mungkin melakukan olahraga dan diet ringan.



0 komentar