Cara Yang Efektif Menghilangkan Jerawat Menggunakan Cuka Apel


Punya wajah yang mulus dan bersih tidak hanya menjadi idaman kaum hawa. Para pria pun demikian. Sebab, wajah adalah salah satu hal terpenting dalam menunjang penampilan. Namun, bagaimana kalau wajah kita penuh dengan jerawat, tentu tidak enak ya. 

Sementara, ingin menghilangkan jerawat dengan cepat, tapi ragu pakai produk apa, takut harganya mahal dan sebagainya. Ada banyak tips menghilangkan jerawat dengan mudah, mulai dari menggunakan bahan alami hinggan bahan kimia.


Nah, akhir-akhir ini banyak yang membahas cara menggunakan cuka apel untuk menghilangkan jerawat. Katanya, zat yang terkandung dalam cuka apel efektif menghilangkan jerawat. Lalu bagaimana cara mendapatkannya dan membuatnya. Begini tipsnya.

Cara membuat cuka apel cukup mudah. Cara cukup memeras apel yang masih segar kemudian diambil airnya. Air apel tersebut kemudian akan difermentasi menjadi alkohol setelah dicampur dengan bakteri dan ragi. Bakteri yang dilibatkan untuk mengubah alkohol menjadi cuka adalah bakteri asam asetat. Ketika sudah siap digunakan, air apel akan berwarna kecokelatan dengan bau yang tajam.

Dari sejumlah penelitian, cuka sari apel terbukti ampuh mengurangi jumlah beberapa bakteri hingga 90% dan virus tertentu sebesar 95%. Meskipun demikian, tak banyak penelitian tentang keampuhan cuka sari apel untuk melawan bakteri Propionibacterium acnes, atau P. acnes, yang berkontribusi terhadap perkembangan jerawat.

Rahasia Diet Para Artis Korea yang Memiliki Tubuh Ideal

Yang harus diketahui, cuka sari apel mengandung asam asetat, sitrat, laktat dan suksinat, semuanya telah terbukti dapat membunuh P. acnes. Dalam sebuah penelitian, 22 orang menggunakan lotion asam laktat ke wajah mereka dua kali sehari selama satu tahun. Sebagian besar dari mereka mengalami penurunan yang signifikan pada jerawat, sementara hanya dua orang yang mengalami peningkatan kurang dari 50%.

Namun, bukan berarti kamu dapat sembarang saja memakai cuka sari apel untuk mengatasi jerawat. Pastikan terlebih dahulu melakukannya dengan cara yang benar, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Seperti sebelum menggunakannya ke wajah. Gunakan dulu cuka sari apel untuk mengantisipasi reaksi alergi. Seperti dengan mengoleskan cuka apel ke kulit di belakang telinga, dan biarkan selama 15 menit. Bila anda tidak merasa gatal atau iritasi maka moleh menggunakan cuka apel ke wajah anda. 

BACA JUGA : Tujuh Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Gemuk

Ada beberapa langkah cara yang efektif menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel, berikut tipsnya : 

1.     Cuka apel memiliki keasaman yang tinggi, sehingga cuka apel harus diencerkan terlebih dahulu sebelum dioleskan ke kulit.  

2.      Campurkan terlebih dahulu cuka apel dengan air, perbandingannya bisa 3:1 atau 4:1 (air:cuka apel). Jika kulit Anda sensitif, pastikan campurannya lebih encer lagi. 

3.      Bersihkan wajah Anda dengan cuci muka dan keringkan. 

4.      Cuka apel dan air yang sudah menjadi larutan tadi oleskan ke wajah dengan menggunakan kapas. Oleskan dengan lembut campuran tersebut ke kulit yang berjerawat. 

5.      Setelah dioleskan dan diberi sedikit pijatan lembut, diamkan selama 5-20 menit, bilas dengan air dan keringkan. 

6.      Ulangi proses ini 1–2 kali per hari.

Perhatian

  1. Jika kulit anda termasuk kulit yang mudah alergi. Terlebih dahulu, oleskan larutan cuka apel tadi ke bagian telinga untuk mengetahui apakah anda alergi tidak terhadap larutan cuka apel.
  2. Kemudian, jangan oleskan larutan cuka apel ke bagian kulit wajah yang terluka. Sebab larutan itu akan membuat perih kulit dan bisa merusak kulit.
  3.  Jangan terlalu lama membiarkan larutan cuka apel menempel ke wajah. Bila sudah 5-20 menit, harap langsung dibilas.
  4.  Terpening, cuka apel ini tidak selalu berhasil di semua jenis kulit, maka dari itu, jika terjadi reaksi alergi ataupun semakin parah, sebaiknya hentikan.

0 comments

sponsored content

loading...