Awas! 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Bikin Kamu Gemuk



Berat badan menjadi naik tidak hanya disebabkan makan berlebihan, tidak pernah olahraga atau kebanyakan tidur. Beberapa kebiasaan yang selama ini mungkin kita kira tidak bikin gemuk, justru menjadi pemicu menumpuknya lemak dalam tubuh, membuah tubuh kita menjadi gemuk.

Ini ada tujuh kebiasaan yang sehari-hari bisa membuat kamu gemuk, maka dari itu hindarilah.

1.      Tidak fokus makan

Pernah mendengar istilah Zen Moment? Yaitu ketika seseorang sedang makan, ya makan saja. Sering kali pikiran kita berkelana kemana-kemana ketika kita melakukan sesuatu, salah satunya kegiatan makan. Makan yang dilakukan sambil menonton televise, mengobrol terkadang membuat kita lupa diri. Kita tak sadar sambil menonton televise dan asik mengobrol tadi, kita terus memasukkan makanan ke mulut lagi dan lagi. Bahkan saat itu kita juga tak sadar apa rasa makanan yang kita makan tadi.
Buktinya, satu bungkus pop corn asin dapat sekaligus habis dalam hitungan hanya beberapa detik. Maka dari itu fokuslah pada makanan yang kita makan, rasakan setiap kunyahannya sehingga kita sadar kita sudah kenyang.

2.      Kurang tidur

Banyak yang beranggapan, orang yang gemuk karena kebanyakan tidur. Buktinya berdasarkan beberapa riset menunjukkan bahwa kurang tidurpun membuat tubuh kita gamuk. Sebab, hormone kortisol yakni hormon yang mengatur rasa ingin lapar, diproduksi setiap kita kurang tidur. Meskipun saat itu kita sudah makan dan kenyang. Kurang tidur juga meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh.

Baca Juga :

 

      3.    Makan setelah makan malam

Kathleen M. Zelman, MPH, RD, LD seorang ahli nutrisi di Amerik mengatakan, makan setelah makan malam adalah kebiasaan yang harus Anda ubah. Apalagi bila anda makan makanan yang manis. Gantilah kebiasaan tersebut dengan menyedu teh hangat atau mengkonsumsi makanan yang berkalori rendah.

4.      Kurang Minum

Minum air putih yang cukup dapat membuat anda terlihat lebih muda dan sehat. Disisi lain, system pencernaan juga dapat berjalan dengan lancar. Penulis nutrisi di New Orleans, Molly Kimball mengatakan, terkadan tubuh salah mengartikan kondisi kita yang letih menjadi rasa lapar. Nah, rasa letih karena dapat disebabkan dehidrasi. Peneliti Virginia Tech mengungkapkan bahwa seorang yang menjalani diet minum delapan gelas dua kali lipat sehari sebelum makan, membuat berat badannya turun sekitar 3 kilogram.

5.      Belanja dalam keadaan lapar

Tidaklah baik jika anda yang pergi berbelanja dalam keadaan lapar. Sebab, nantinya anda akan membeli dan memakan makanan yang banyak . Tipsnya, sebelum pergi berbelanja, makanlah sesuatu terlebih dahulu untuk mengisi perut anda.

6.      Memakan apapun yang ada

Kebiasaan selanjutnyayang harus dihindari adalah, memakan makanan apapun. Misalnya ketika ada sedang menunggu bus di stasiun, berada dalam kereta apu atau di bandara. Terkadang saat menunggu inilah kita terbiasa ngemil atau makan apapun meski kita tidak dalam keadaan lapar. Bahkan terkadang makanan yang kita makan tidak sehat seperti gorengan, makanan kemasan dan lainnya. Kebiasaan ini selain memicu bertambahnya berat badan juga memicu penyakit seperti diabetes. Jikapun anda terbiasa ngemil saat menunggu seperti itu, coba bikin makanan yang sehat.

7.      Tidak sarapan

Loh, kenapa tidak sarapan kok bisa membuat kita gemuk. Banyak ahli menghimbau kita untuk membiasakan sarapan pagi. Sebab, tubuh kita membutuhkan banyak energy setelah semalaman tubuh kita tak terisi asupan. Nah, melewatkan sarapan dan membuat tubuh kita merasa lapar justru akan memunculkan hormone ghrelin yang mana rasa lapar didistimulasi oleh hormone ini. Ketika kita merasa lapar yang berlebihan, maka di siang harinya kita akan makan makanan yang berlebih-lebihan. Apalagi jika aktifitas berada di dalam ruangan tentu hal itu akan membuat kalori dalam tersimpan menumpuk dalam tubuh. Padahal tubuh kita perlu membakar lemak tersebut.





0 komentar